Kamis, 28 Januari 2016

Pengertian Difusi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Difusi
(difusi via pixabay)

Tahukah anda apa arti difusi?
Difusi adalah suatu proses mengalirnya atau berpindahnya suatu zat dalam pelarut dari bagian berkonsentrasi tinggi ke bagian yang berkonsentrasi rendah. – Wikipedia
Yang dimaksud dengan konsentrasi disini adalah kadar atau persentase dari suatu bahan kandungan dalam larutan. Misal konsentrasi kafein dalam kopi.

Kalau disederhanakan, inti dari difusi adalah peristiwa saat anda memasukkan cairan A kedalam cairan B, kemudian lambat laun cairan A akan bercampur dengan cairan B. Seperti halnya gula yang dicelupkan kedalam teh. Gula akan mencoba bergerak meninggalkan konsentrasi tinggi ke bagian teh yang konsentrasinya rendah sehingga teh tersebut menjadi manis. Proses kita mengaduknya dengan sendok juga dapat mempercepat proses difusi.

Difusi
Apakah sampai sini sudah paham?

Contoh lain dari difusi adalah sebagai berikut:

Tempat
Partikel yang bergerak
Dari
Menuju
Daun
Karbon dioksida
Celah udara diantara sel Mesopil
Kloropas
Dapur
Aroma masakan
Ruang dapur
Keluar pintu dapur
Daun
Oksigen
Stomata
Lentisel daun
Botol
Udara
Dalam botol
Keluar dari botol

Sederhana sekali bukan proses difusi itu? Pastinya anda sudah paham bukan? 

Pengertian Difusi Lain Secara Umum

Menurut KBBI, difusi adalah percampuran gas atau zat cair di luar daya mekanik. Maksudnya adalah percampuran atau perpindahan zat tersebut tidak dapat dibendung atau ditahan oleh mesin atau alat kerja lainnya.

Pengertian difusi yang sudah dijelaskan diawal tadi adalah definisi menurut pandangan fisika dan biologi, tapi ada juga istilah difusi dalam linguistik, apakah itu?

Difusi dalam linguistik dikenal sebagai ‘difusi bahasa’ yang berarti pengaruh migrasi dan pengalihan pranata budaya melewati batas-batas bahasa, khusunya inovasi dan peminjaman. Contoh difusi bahasa adalah istilah ‘kutu’ dalam bahasa melayu menjadi kata ‘cootie’ dalam bahasa inggris yang dibawa oleh orang eropa.

Adapun istilah difusi lainnya seperti:
  • Difusi cahaya, adalah penyebaran cahaya atau pemancaran cahaya yang arahnya menyebar ke segala arah.
  • Difusi hukum, adalah penyebaran hukum di kalangan masyarakat agar diketahui dan dipahami meskipun belum tentu ditaati oleh masyarakatnya.
Itulah beberapa istilah difusi dari berbagai macam lingkup disiplin ilmu, mulai dari sains, hukum, dan bahasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar