Rabu, 13 Januari 2016

Kumpulan Istilah Penting Dalam Clash of Clans (COC)

Kumpulan Istilah Penting Dalam Clash of Clans (COC)
Clash of Clans (COC) adalah sebuah game strategi online berbasis mobile untuk iPhone dan Android yang diciptakan oleh perusahaan Supercell bermarkas di Finlandia. Pengaturan bahasa yang ada di COC berbahasa inggris, sehingga mungkin bagi sebagian player yang tidak begitu familiar dengan bahasa inggris akan merasa kesulitan dalam mengartikan setiap perintah dan bahasanya.

Nah berikut ini adalah daftar istilah penting yang terdapat dalam game mobile Clash of Clans berbahasa Indonesia yang sudah kami kumpulkan dari berbagai sumber:

Achievement

Penghargaan kepada pemain jika sudah menyelesaikan pekerjaan tertentu di COC. Penghargaan berupa gems dan poin experience.

Army Camp

Tempat berkumpulnya pasukan yang telah selesai dilatih.

Attack’s remaining

Sisa serangan yang bisa dilakukan pemain.

Ballonion

Ballonion adalah singkatan dari Ballon dan Minion. Kombinasi serbaguna baik untuk war maupun mencari loot dan biaya yang dikeluarkan untuk train troops relatif lebih murah.

Barrack

Tempat untuk melatih pasukan.

Battle Day

Hari di mana pemain sudah diperbolehkan menyerang desa pemain lain dalam Clan War.

Clan Castle

Digunakan sebagai tempat untuk pasukan pertahanan. Selain itu Clan Castle juga digunakan sebagai penyimpanan resource yang diperoleh dari hasil Clan War.

Clan War

Clan War merupakan perang yang diadakan antar klan dimana anggota klan dapat menyerang dan diserang oleh anggota klan lainnya.

Dark Elixir

Salah satu resource yang diperoleh melalui dark elixir drills. Pengumpulan dark elixir akan tersimpan dalam dark elixir storage.

Elixir

Cairan berwarna ungu yang bisa digunakan untuk melatih pasukan, membuat bangunan, dan menyingkirkan Obstacle.

Experience

Digunakan sebagai penunjuk tingkat kekuatan pemain COC yang diperoleh dari bermacam aktivitas dalam permainan. Selain itu, experience juga digunakan untuk menaikkan level pemain.

Finish Now

Menu untuk mempercepat pembangunan suatu bangunan dengan menggunakan gems. Banyaknya gems bergantung pada sisa waktu pembangunan. Semakin sedikit sisa waktu, semakin sedikit pula gems yang dibutuhkan.

Formasi Base Farming

Base tipe Farming ini akan berfokus untuk menjaga dan mendapatkan shield selama 12 jam dari lawan yang menyerang. Biasanya base tipe ini menaruh TH nya di bagian luar dari pagar dan semua penyimpanan atau loot ada dibagian dalam tembok. Mengapa demikian? karena ketika TH diserang maka kesempatan mendapatkan shield 12 jam akan lebih besar, dan kerugian loot akan lebih kecil, tetapi piala anda akan terus berkurang.

Formasi Base Hybrid

Gabungan antara formasi tipe farming dan trophy.

Formasi Base Trophy

Untuk formasi jenis Trophy berbanding terbalik dari tipe farming. Base tipe ini tidak memperdulikan loot yang ia miliki, tetapi base ini sangat mempertahankan agar para penyerang tidak mendapatkan trophy yang banyak ketika menyerang. Oleh sebab itu pemain dengan base ini tidak memperdulikan resourcenya diambil oleh para attacker.

Gem Box

Kotak yang berisi gems. Pemain akan mendapatkan gems jika menghilangkan kotak ini.

Gems

Resource di game COC yang bisa didapatkan dengan membelinya maupun secara gratis.

Gold

Gold merupakan resource yang didapatkan dari tambang emas (gold mines). Setelah memperoleh gold, dia akan tersimpan di gold storages. Gold digunakan untuk membangun defensive building (gedung bertahan), traps (jebakan), elixir collectors (produksi elixir), elixir storages (kumpulan elixir), dan wall (tembok).

GoWiPe

GoWiPe adalah singkatan dari Golem, Wizard, dan P.E.K.K.A. Ini adalah strategi menyerang untuk pemain yang sudah memiliki TH 8 keatas dengan komposisi pasukan yang sudah disebutkan diatas.

GoWiWi

GoWiWi adalah singkatan dari Golem, Wizard, dan Witch. Kombinasi troops ini cocok digunakan untuk melawan musuh yang memiliki base tersebar atau jaraknya renggang.

LavaLonNion

LavaLoNion adalah singkatan dari Lavahound Ballon dan Minion. Strategi mirip GoWiPe tapi melalui udara dengan pengalih perhatian troopsnya adalah Lavahound.

Loot

Barang jarahan yang bisa didapat saat menyerang desa lain yang kemudian disimpan di bangunan penyimpanan (storage).

Obstacle

Sesuatu seperti pohon, batu, semak, dan sebagainya yang muncul secara acak di desa pemain.

Premature

Dari segi bahasa premature artinya ‘terlalu dini’. Dalam COC, anda dikatakan premature apabila sudah memiliki Town Hall dengan level lebih tinggi dari wall dan defense-nya.

Preparation Day

Hari persiapan sebelum melakukan pertempuran dalam Clan War.

Recommended target

Target yang direkomendasikan saat Clan War.

Remove

perintah untuk menghilangkan Obstacle seperti pohon, semak-semak, batu, dan sebagainya.

Replay

Untuk melihat tayangan ulang penyerangan.

Resources

Uang atau benda tukar untuk meng-upgrade aset. Ada empat tipe resources yang berbeda yaitu gold, elixir, dark elixir, dan gems.

Revenge

Untuk menyerang desa pemain yang telah menyerang desa kita.

Scout

Untuk mengintai desa lawan.

Shield

Tameng pelindung desa untuk mencegah pemain lain menyerang desa kita (kecuali saat Clan War).

Shop

Menu untuk membeli item di COC, mulai dari Gold, Elixir, Shield, Army, dan sebagainya.

TH Hunter/TH Sniper

Town Hall Hunter atau pemburu Town Hall adalah mereka yang menyerang desa lawan tipe farming base sehingga TH lawan berda di luar dan musuh leluasa menghancurkannya. Biasanya yang melakukan ini karena mereka mengincar trophy.

TH

Singkatan dari Town Hall. Berguna sebagai ukuran bahwa semakin tinggi Town Hall yang anda miliki, semakin bagus kualitas troop yang dihasilkan.

Train

Perintah untuk melatih pasukan di Barrack.

Troop

Pasukan; tentara yang digunakan untuk berperang, menyerang desa lain, atau sebagai pasukan pertahanan di Clan Castle.

Itulah beberapa istilah dalam COC (Clash of Clans). Masih ada banyak sekali istilah lain tapi kami hanya menuturkan istilah yang penting saja. Jika anda punya pertanyaan, silakan ajukan lewat kolom komentar dibawah. Terimakasih banyak.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar