Sabtu, 16 Januari 2016

Kumpulan Istilah Dalam Ask.fm Lengkap

Logo Baru Ask Fm
logo baru Ask.fm
(via wikipedia.org)
Ask.Fm adalah sebuah jejaring sosial global yang membolehkan para penggunanya bertukar pertanyaan satu sama lain. Saat ini, Ask.fm sedang ngetren sejajar dengan media sosial lainnya. Situs ini berdiri sejak tahun 2010 dan mengalami pergolakan pemasaran industri yang lumayan ketat hingga pada akhirnya situs tersebut dibeli oleh perusahaan besar Ask.com untuk meneruskan filosofi dari perusahaan tersebut yang notabene memiliki nama yang sama.

Keunikan dari situs Ask.fm adalah adanya fitur yang membudaya diberikan kepada para pengguna untuk saling memberikan tanya jawab baik seputar kehidupan penjawab maupun sebaliknya. Istilahnya dalam bahasa gaul, pengguna dapat saling kepo antara pengguna satu dengan lainnya.

Tapi jika anda masih baru di medsos ini jangan heran jika anda bingung menemui istilah-istilah yang belum anda ketahui karena ada banyak sekali kata, istilah, bahkan frasa khusus yang kerap digunakan di forum tersebut. Apa sajakah istilah-istilah tersebut? Berikut kami sajikan kumpulan istilah-istilah dalam Ask.fm beserta artinya: 

Anonymous/Anon

Sebutan untuk pengguna ask.fm yang ketika memberikan question tidak mau namanya diketahui oleh si penjawab, sehingga dia menyamarkan identitasnya dengan menggunakan fitur ask anonymously (tanya tanpa identitas) dan namanya tidak akan tertera disamping pertanyaan. 

A-Z

Meminta kepada penjawab untuk memberikan gambaran tentang si penanya menggunakan inisial abjad A sampai Z.
Contoh penggunaan:
A = Ayu
B = Baperan
C = Comel
Dan seterusnya sampai abjad Z. 

BF (Best Feature)

Istilah ini digunakan dalam ask.fm yang artinya adalah tentang keunggulan si penjawab.
Contoh penggunaannya:
BF: Kamu pinter main gitar.
Penggunaan istilah diatas memang bukan pertanyaan tapi sering digunakan sebagai question. Selanjutnya, untuk jawaban terserah kepada si penjawab karena pertanyaan tersebut sebenarnya tidak menuntut jawaban apa-apa, hanya berupa pernyataan.

Date/Pass

Istilah date atau pass disini memiliki arti mengajak jalan/kencan atau bahkan melewatinya (menolaknya kencan). Sebenarnya istilah ini digunakan hanya untuk lucu-lucuan saja dan tidak serius. Tapi mungkin ada juga yang serius.

Dear {nama}

Istilah ini digunakan oleh penanya untuk meminta pesan moral kepada anda untuk si penanya. Anda dapat memberikan pesan-pesan agar dia baik-baik saja dan semacamnya.
Contoh penggunaan:
Dear aku dong.
Dear mantanmu dong.
Dear (nama orang)
Arti Dear Ask Fm
Dear via fatimahaqila.com

Describe (Lukiskan)

Istilah ini adalah permintaan asker kepada anda sebagai penjawab untuk memberikan deskripsi atau gambaran tentang orang tersebut. Istilah ini juga kadang sering disingkat menjadi desc atau D saja atau juga dengan istilah lain thought, yang berarti pemikiran. Jadi, ketika ada yang bertanya Desc, anda tinggal jawab apapun yang anda ketahui tentang si penanya. 

DIP (Describe, Impersonate, PAP)

Istilah ini memiliki singkatan dari ketiga istilah dalam ask.fm yaitu describe, impersonate, dan PAP. Jika anda dimintai untuk DIP, anda tinggal memberikan jawaban yang meliputi ketiga aspek tindakan tersebut. 

Fi (First Impression)

First Impression artinya kesan pertama melihat si penanya. Jika anda ditanya menggunakan istilah ini, anda tinggal menjelaskan bagaimana kesan dan perasaan anda pertama kali melihat si dia. 

HH (Honesty Hour)

Jika teman anda bertanya menggunakan istilah ini, anda hanya perlu menjawabnya dengan ya (yes) atau tidak (no). Jika iya, maka anda harus siap menjawab pertanyaan yang diberikan penanya dengan jujur dan apa adanya. Biasanya pertanyaan lebih dari satu.

Nama Honesty Hour sendiri mungkin diambil berdasarkan kata honesty (kejujuran) dan hour (jam) yang bisa disimpulkan bahwa permainan ini bisa memakan waktu yang lama untuk menjawab pertanyaan kejujuran. 

Honest Opinion

Istilah ini digunakan untuk meminta pendapat jujur (honest opinion) tentang si penanya. Istilah ini hampir mirip dengan TBH, tapi istilah ini sering digunakan sebagai pertanyaan. 

Impersonate (Tirukan)

Jika penanya meminta anda untuk impersonate atau juga disebut Impers (I), anda sebaiknya menjawab dengan menirukan apa-apa yang sering dia lakukan mulai dari cara bicaranya dan seterusnya.
Arti Impersonate Ask Fm
Impersonate via ask.fm/michellekekee

Li (Last Impression)

Ini kebalikan dari istilah first Impression. Last Impression artinya adalah kesan terakhir, yaitu anda memberikan gambaran perasaan anda ketika terakhir kali melihat si penanya. Apakah dia terkesan sedih, murung, bahagia, atau apapun berdasarkan kesan terakhir anda padanya. 

Likers get {sesuatu}

Misalnya anda nge-like answer milik teman anda. Maka anda akan mendapatkan imbalan (get) sesuai dengan ‘sesuatu’ yang ditetapkan.
Contoh penggunaan:
Likers get question.
Maksudnya jika ada yang nge-like jawaban atas pertanyaan itu, dia akan mendapatkan imbalan berupa pertanyaan dari anda sebagai penjawab.

Ada banyak sekali bentuk imbalan dalam istilah ini. Anda dapat mengganti ‘sesuatu’ itu yang mana sebagai imbalan dengan variabel berikut:
  • Like: Mendapatkan balasan like.
  • Truth or Dare: Mendapatkan imbalan dengan cara memilih truth atau dare.
    Ship:
    Mendapatkan pasangan atau coupleyang dikira cocok dengannya sebagai imbalan. Dan masih banyak lagi...

LT (Long Thought)

Istilah ini mirip dengan desc, hanya saja yang ini lebih panjang. Jadi untuk menjawab LT, anda harus memberikan gambaran lebih banyak dan mendetail daripada describe. 

OW (One Word)

Arti dari istilah ini adalah “satu kata”. Jadi anda perlu memberikan cukup satu kata saja tentang si penanya. Misalkan:
OW: Baik

PAP (Post a Picture)

Istilah ini merupakan singkatan yang memiliki arti kurang lebih, “posting gambar dong”. Jadi, ketika ada teman atau seseorang yang menanyakan PAP, anda tinggal balas dengan mengepos gambar. Tema gambar bisa apa saja tergantung dengan keinginan anda atau keinginan si penanya. Misalkan asker tanya:
PAP selfie-mu hari ini dong.
Anda tinggal posting gambar atau foto selfie yang anda ambil hari itu juga.
Ada bermacam-macam jenis PAP, yakni:
  1. PAP OOTD, yaitu PAP Outfit of the Day, maksudnya posting foto pakaianmu hari ini.
  2. PAP Selfie, yaitu posting foto selfie-mu.
  3. PAP Mirror Selfie, yaitu posting foto selfie yang di depan cermin.
  4. Dan masih banyak lagi.

PBCS (Perfect, Beautiful, Cute, Sexy)

Istilah ini digunakan untuk untuk menanyakan tentang asker termasuk dalam kriteria mana? Apakah tergolong perfect (sempurna), beautiful (cantik), cute (imut), ataukah sexy (seksi).
Contoh penggunaan:
PBCS dong kak
Anda dapat menjawabnya dengan salah satu dalam kriteria tersebut atau justru keseluruhannya. 

Photo Challenge (PC)

Istilah ini digunakan untuk memberikan tantangan (challenge) kepada penjawab dengan cara memposting foto dengan kriteria yang sudah ditentukan oleh penanya. Misalkan dia bertanya:
PC: 1. Senyum, 2. Bingung, 3. Marah
Anda dapat membalasnya dengan memposting foto dengan tiga ekspresi yang sudah ditentukan tersebut. 

Pick Up Line

Artinya hampir sama dengan “gombalin aku dong” atau “rayu aku dong”. Jadi jika penanya menginginkan jawaban atas istilah ini, anda perlu menyiapkan kata-kata kiasan yang sifatnya merayu.
Arti Pickup Line Ask Fm
Pickup Lines via gustygeek.com

Rate

Rate dari bahasa inggris artinya penilaian. Jadi anda harus memberikan penilaian kepada penanya jika anda ditanyai menggunakan istilah ini. Skala penilaiannya biasanya menggunakan nilai imajiner antara 0-100. 

STDT (Song to Describe Them)

Kata ini digunakan untuk meminta lagu apa yang cocok menjelaskan tentang dirinya sebagai asker. Kemudian anda sebagai penjawab dapat memberikan referensi atau jawaban langsung dengan menyebutkan judul lagu beserta artisnya yang memang memiliki gambaran khusus tentang si penanya. 

TBH (To be Honest)

Istilah ini memiliki arti, “sejujurnya” yang dapat anda gunakan untuk mengungkapkan kejujuran anda kepada teman anda dan posisi anda adalah sebagai penanya. Contoh penggunaan:
TBH: Baju foto profilmu keren.
Teman anda sebagai penjawab bebas memberikan respons atas pernyataanmu itu yang mana memang sama sekali bukan pertanyaan.

Itulah kumpulan-kumpulan istilah yang sering digunakan dalam ask.fm. Saya yakin anda sudah menemukan arti kata yang sedang anda cari di ask.fm. Jika ternyata anda masih belum dapat menemukannya disini, anda dapat menanyakannya langsung kepada kami lewat kolom komentar dan kami akan segera merespons pertanyaan anda. Terimakasih banyak.

Referensi:

[1] yohanna-frnsska.blogspot.com
[2] fatimahaqila.com
[3] coretanrifqi.com
[4] wikipedia.org 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar