Jumat, 15 Januari 2016

Arti Kata Gabut Dalam Bahasa Gaul

Arti Kata Gabut Dalam Bahasa Gaul
(foto: itechcode.com)
Kita sering mendengar, melihat, bahkan menggunakan bahasa gaul, bahasa ngetren, atau bahasa media sosial seperti misalnya kata gabut. Apa sih arti dari kata itu?

Menurut beberapa sumber setelah saya mencari kesana kemari, saya mendapatkan hasil dengan arti kata gabut yang berbeda-beda. Maklum karena istilah, kata, dan ungkapan kan berhubungan dengan sudut pandang masing-masing penutur, jadi bisa berbeda-beda. Selanjutnya, saya simpulkan beberapa definisi dari gabut sebagai berikut:

Makna Awal

Gabut adalah kata gaul yang memiliki singkatan “Gaji Buta”. Istilah ini diyakini pertama muncul sejak tahun 2011 berdasarkan kitabgaul.com. Kabarnya istilah ini ngetrend di tahun 2014-2015-an dengan makna yang berbeda.

Bagaimana Penggunaan Istilah Gabut?

Istilah gabut sering digunakan untuk menyebut pekerja/karyawan/buruh yang tidak melakukan pekerjaannya dengan baik sehingga seseorang mengatainya dengan sebutan ‘gabut’, maksudnya adalah makan gaji buta karena seharusnya pekerja/karyawan melakukan pekerjaannya sesuai dengan apa yang ditugaskan kepadanya dengan baik sebanding dengan gaji yang diperoleh.

Contoh Kalimat Kata Gabut

  1. Kamu gabut banget sih. Kan kamu kepala departemen ini. Masa bolos ngantor.
  2. Jangan gabut deh, kerja sana!
  3. Yaelah, ngerjainnya kok asal-asalan gitu, masa prinsipnya yang penting jadi. Gabut tau!

Makna Gabut Modern

Menurut kitabgaul.com, kata gabut juga memiliki makna yang merupakan singkatan dari “belaga buta”. Artinya adalah berlagak atau berpura-pura tidak melihat seseorang yang lewat atau melintas padahal sesungguhnya melihat.

Contoh kalimatnya:
  1. Haduh, kamu sombong. Aku lewat kamu gabut nih sama aku.
  2. Wah kok ada dia disini sih, kita gabut aja yuk.
Adapun kitabgaul.com memberikan penjabaran makna yang lebih luas tentang kata gabut. Salah satu arti lainnya adalah sebagai perasaan bosan.

Contoh kalimatnya:
  1. Keluar yuk. Gabut banget di rumah nggak ada hiburan.
  2. Gabut, selfie dulu ah.
Sedikit screenshot dinamika orang yang sedang gabut, diambil dari hashtags.org:

Arti Kata Gabut Dalam Bahasa Gaul
screenshot gabut tweets dari twitter
Itulah beberapa arti, makna, dan penjabaran dari kata 'gabut'. Bagaimana? Apakah sekarang anda sudah mengetahui definisi dari istilah tersebut?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar