Minggu, 26 Juli 2015

28 Istilah Umum Dalam Dunia Internet Gratis

alat, tool, aplikasi, phreaking, internet gratis

Teknik Internet Gratis atau dalam ilmu komputer disebut Phreaking adalah sebutan ilmu yang mempelajari, bereksperimen, dan eksplorasi terkait sistem telekomunikasi, di Indonesia istilah ini sangat erat hubungannya dengan 'mengotak-atik sebuah sistem' atau disebut dengan 'oprek/ngoprek'.

Phreaking di Indonesia lebih dikenal secara khas sebagai suatu teknik mendongkrak sistem jaringan seperti misalnya internet gratis. Di dalam ilmu Phreaking, terdapat banyak istilah yang muncul baik secara tidak sengaja maupun sengaja. Munculnya istilah ini dimaksudkan agar komunikasi yang dilakukan antar Phreaker (sebutan orang yang melakukan Phreaking) tidak mudah dipahami oleh selain mereka, khususnya para Polisi Cyber.

Bagaianapun sejatinya istilah-istilah ini digunakan untuk berkomunikasi terkait internet gratis dan juga hal-hal yang berhubungan dengannya. Namun istilah-istilah tersebut sudah tidak lagi tabu dan rahasia.

Maknaistilah blog menyajikan beberapa daftar bahasa phreaking dan juga artinya, silakan simak dibawah ini.

Sebutan untuk provider jaringan di Indonesia:

1. Telkomsel: Kampret/Telkampret, Si Merah, Sule

Sebutan ini merupakan plesetan dari kata Telkomsel dan kampret, sehingga menjadi 'Telkampret'. Adapun sebutan 'si merah' karena warna simcard ini adalah merah. Kadang Telkomsel juga kerap disebut 'sule' karena dibintangi oleh artis tersebut dalam promotional iklannya.

2. Three: Tere, Sulastri, Si Hitam, Tri, AON

Anda sudah tahu pastinya mengapa disebut Tere, Sulastri, dan Tri, itu karena mereka mengandung kata dasar pengucapan 'Three'. Sedangkan 'Si Hitam' karena warna simcardnya hitam dan AON merupakan salah satu paket data penunjang Phreaker yang terdapat di kartu Three, sehingga lebih sering disebut demikian.

3. XL: Engsel, Axel, Luna, Si Biru, Noah, Mawar

Pasti anda juga sudah tahu mengapa disebut Engsel dan Axel, itu karena berasal dari kata dasar XL. Sedangkan kartu ini memiliki warna biru dan dibintangi oleh artis Luna Maya, Noah, dan bunga mawar yang terdapat pada iklannya.

4. Axis: Si Putih, Ajis, Bang Haji

Dalam dunia Phreaker, Axis diplesetkan menjadi Ajis. Adapun sebutan lain yaitu, Si Putih karena warna kartu ini berwarna putih. Sedangkan untuk istilah 'Bang Haji' masih belum bisa dipastikan alasan penggunaannya, tapi penggunaan istilah ini jarang dipakai.

5. Indosat: Isat, Ijah, Si Kuning, Saikoji

Sebutan istilah 'isat, ijah' merupakan perpendekan kata dari 'Indosat' yang diplesetkan, sedangkan warna simcard ini adalah kuning dan dibintangi artis lokal Saikoji.

6. Semar: Smart

Smart merupakan istilah yang diplesetkan oleh para phreaker menjadi Semar.

Sebutan Software yang digunakan Phreaker:

7. PF: Proxifier
8. Isep: ISPCE
9. Injek: Inject
10. Esteh: SSH
11. Pipin: VPN
12. Susu: Ultrasurf

Sebutan lain (intisari umum):

13. DC: Disconnect, tidak dapat terhubung dengan internet.
14. Ipeh: IP Address, alamat pengenal komputer.
15. Apem: APN (Access Point Name), nama akses poin untuk konek ke internet.
16. SS: Screenshot, gambar layar komputer yang dicapture.
17. Dangdutan: Istilah proses mendownload file dalam jangka waktu panjang.
18. Dagu: Default Gateway, sebuah pengaturan terdapat di Properties Connection.
19. Erot: Eror
20. Porot: Port
21. Poksay, Proji: Proxy Address
22. Konak: Connect, konek
23. Masteng: Masa tenggang
24. Kutang: Kuota
25. Nendang: Diskonek secara oleh server
26. Opmin: Opera Mini
27. Ori: Asli, Standar, Bawaan (default)
28. Polosan: Tanpa Tool/Software
Ternyata ada banyak istilah dalam dunia phreaker ya. Namun itu belum seberapa, masih terdapat banyak sekali kata dan istilah yang belum bisa dicantumkan disini. Apabila berkenan anda dapat ikut berkontribusi dengan menambahkannya di kolom komentar. Semoga pembaca bisa memperoleh wawasan yang luas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar