Jumat, 05 Februari 2016

Ini Dia Istilah Ngetren Pilihan Yang Perlu Kamu Ketahui

istilah ngetren
Dari tahun ke tahun, banyak netizen di dunia maya baik social media, forum, atau situs-situs yang memungkinkan dua pihak saling berkomunikasi menggunakan istilah-istilah yang mungkin bagi sebagian orang terasa aneh dan tidak biasa.

Ambil contoh pada tahun 2012 kemarin muncul istilah baru “cingcong lu coeg” yang dihembus-hembuskan oleh anak-anak Meme Comic Indonesia. Bagi anda yang tidak pernah mendengar ini pastinya akan merasa heran dengan maksud istilah tersebut.

Nah, di tahun ini, tentunya banyak sekali istilah-istilah baru yang mulai menjadi populer dan ngetren digunakan oleh banyak netizen. Kami mencoba untuk memilah-milih istilah yang bagus, tepat, dan ngetren sesuai dengan judul yang sudah saya paparkan.

Ah, daripada berpanjang lebar, langsung saja simak beberapa daftar istilah ngetren pilihan dibawah ini yang sudah kami urutkan dari abjad A – Z.
  • Ambigu

    Berasal dari Bahasa Inggris, ‘ambiguous’ yang berarti bingung, meragukan, dan tidak jelas.
  • Awesome

    Awesome adalah kosa kata yang berarti bagus atau keren.
  • Baper

    Anda pasti sudah kenal dekat dengan istilah gaul ini mengingat sudah sangat meluas penggunaannya oleh netizen. Baper adalah singkatan dari bawa perasaan.
  • Begal

    Istilah ini bermakna kurang lumrah, tapi apa boleh buat karena istilah ini juga sudah sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Begal adalah peristiwa merampok, merampas, dan mengambil barang secara paksa di jalanan.
  • Coeg

    Berawal pada tahun 2012, ketika ada sebuah akun Facebook bernama “Udin Gambut Brotherhood Buronan Cabe Cabean” mencari sensasi di dunia maya dengan status-status aneh bin alay-nya. Di setiap akhir statusnya selalu diiumbuhi dengan kata “coeg” yang maksudnya adalah “bro” atau “men”, dan sebagainya. Tapi kata “coeg” ini diyakini terbentuk berasal dari kata “cuk” yang bermakna sama seperti yang sudah dijelaskan tadi khas Jawa Timur-an.
  • Comel

    Dalam KBBI, comel berarti kecil manis, mungil, dan cantik. Tepat sekali digunakan untuk memanggil anak perempuan kecil yang imut.
  • Dafuq
    Berasal dari dua kata, “The F*ck” yang berarti “apa!?” dengan nada kaget. Tapi penggunaan kata ‘dafuq’ ini digunakan tanpa adanya rasa ofensif atau penyerangan.
  • Ekspektasi
    Sebenarnya istilah ini berasal dari kata ‘expectation’ dalam bahasa Inggris yang berarti harapan atau keinginan.
  • Frontal

    Frontal artinya adalah blak-blakan atau transparan, tidak ditutup-tutupi melainkan apa adanya.
  • Gabut

    Istilah ini lumayan populer belakangan ini. Ringkas saja, artinya bosan atau tidak ada kerjaan. Selengkapnya di istilah gabut lebih detil.
  • Galau

    Istilah ini ngetren sekali di tahun 2013. Mungkin kita lebih mengenal istilah ini yang berarti sedih, murung, atau gelisah. Tapi sesungguhnya kata ‘galau’ berarti keramaian. Jadi ternyata selama ini kita mengartikannya salah kaprah, ya?
  • Intervensi

    Istilah ini bermakna mencampuri suatu masalah atau perselisihan.
  • Julit

    Julit sering diucapkan untuk menyebut orang yang memiliki sifat childish atau kekanak-kanakan, baik karena suka caper (cari perhatian) atau membaut orang sebal.
  • Kepo

    Istilah ini juga pernah sekali populer, khususnya di tahun 2013-2014. Arti dari kepo adalah rasa ingin tahu berlebih, tapi biasanya tidak penting.
  • Kimcil

    Untuk istilah ini singkat saja, inti pengertiannya adalah perempuan ABG yang berperilaku sok imut, centil, dan kemayu. Banyak yang mencoba menafsirkan arti epistemologis kimcil itu sendiri. Ada juga yang mengatakan bahwa itu sebenarnya singkatan.
  • Mainstream

    Istilah ini tidak dapat anda temukan di KBBI, tapi jika anda mengartikan kata tersebut dengan cara memecahnya secara filologis, dapat diperoleh komposisi kata “main” dan “stream”. Anda dapat mengartikan bahwa mainstream berarti sungai yang umum atau pokok, jika disederhanakan lagi akan berarti “keumuman” atau “kelumrahan”. Sehingga, dibalik istilah ini juga muncul istilah anti-mainstream, yang berarti “tidak umum”.
  • Melting

    Melting secara harfiah bermakna ‘meleleh’. Sering digunakan saat anda merasa terjerat dalam senang sehingga anda merasa seperti meleleh.
  • Milad

    Milad berarti waktu atau hari kelahiran.
  • Modus

    Modus berarti cara untuk mencapai maksud tertentu. Biasanya dikaitkan dengan tujuan buruk misalnya modus mengantarkan cewek pulang agar mau menjadi pacarnya, modus meminta bantuan agar bisa dekat-dekat dengan si doi, dan lain sebagainya.
  • Move On

    Istilah ini juga tak kalah ngetrennya. Move on dalam bahasa inggris berarti terus bergerak atau meninggalkan masa lalu. Sering diungkapkan setelah diputus oleh kekasih agar ‘move on’, maksudnya adalah agar meninggalkan masa lalunya dan mencari kehidupan baru lagi.
  • Naif

    Anda dapat menemukan arti istilah ini di Kamus Besar Bahasa Indonesia. Makna dari istilah ini adalah “bodoh”, “celaka”, “miris”, atau “tidak masuk akal”.
  • Paradoks

    Paradoks adalah pernyataan yang tampaknya benar tapi ternyata salah, ataupun sebaliknya. Contohnya anda menganggap saya orang baik, tapi kenyataannya saya adalah orang yang buruk.
  • Stalking

    Stalking adalah aktivitas secara sembunyi-sembunyi memerhatikan atau mengintip akun profil seseorang. Misalnya anda naksir dengan mbak A, kemudian anda melihat-lihat profilnya di Facebook untuk mengetahui lebih lanjut tentang dirinya. Itulah yang dinamakan dengan stalking.
  • Verifikasi

    Verifikasi adalah istilah yang berarti memeriksa kebenaran suatu perihal.
  • Waifu

    Ini adalah istilah yang marak dan populer di kalangan pecinta anime. Asal-usul kata waifu berasal dari istilah wifedalam bahasa inggris yang dibaca dengan pelafalan Bahasa Jepang sehingga menghasilkan kata tersebut. Waifu kerap digunakan untuk menyebut istri khayalan tapi dalam bentuk 2D oleh kalangan netizen. Entah apa motifnya memilih istri khayalan, atau mungkin lantaran tidak punya pacar ya?
Masih terdapat banyak sekali istilah yang ngetren namun tidak dapat kami telisik lebih lanjut karena kami memang sengaja memilih beberapa saja. Jika diteruskan hingga istilah yang lain, maka daftar istilah ini bisa panjang sekali. Untuk sementara ini dulu. Terimakasih banyak!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar