Rabu, 04 November 2015

Perbedaan Istilah Cinta dan Kasih Sayang

Perbedaan Istilah Cinta dan Kasih Sayang
Banyak diantara kita yang masih menganggap bahwa istilah cinta dan kasih sayang bermakna sama. Memang dalam pemaknaan, hal ini bersifat spekulatif, semua orang berhak menafsirkan segala sesuatu sesuai dengan pemahaman mereka.

Orang-orang biasanya mengartikan istilah cinta sebagai perasaan suka kepada objek tertentu, seperti manusia, hewan, tumbuhan, maupun benda lainnya. Tidak jauh beda dengan sayang, biasanya hal tersebut didefinisikan sebagai perasaan suka terhadap seseorang maupun benda.

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), istilah cinta dan kasih sayang hampir mirip. Justru sangat mirip, bahkan ekuivalen. Namun, sebenarnya cinta dan sayang memiliki perbedaan yang cukup jauh jika kita mau menelusurinya melalui berbagai riset.

Langsung saja, berikut ini adalah perbedaan istilah cinta dan kasih sayang menurut pemahaman dan paparan Makna Istilah Blog.

Cinta 

Istilah cinta dalam Bahasa Inggris adalah love. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, bahwa tafsir kadang bersifat interpretatif. Dan menurut saya cinta itu merupakan perasaan yang sifatnya memiliki.

Jika anda mencintai handphone anda, artinya anda punya rasa posesif terhadap handphone anda. Jika anda mencintai pacar anda, berarti anda ingin memiliki dia. Dan ketika ada orang lain yang menggoda pacar anda, atau mencuri handphone anda, anda pasti akan marah akibat efek dari mencintai, karena cinta bersifat memiliki.

Selain itu, cinta juga selalu menuntut segala sesuatu. Ketika anda jatuh cinta dengan seseorang dan mengungkapkan cinta padanya, anda akan berkata "aku cinta padamu" dan dalam hati anda memiliki rasa dia harus membalas cintanya itu. Apabila si dia tidak membalas cinta anda, anda akan sakit hati dan itulah sesungguhnya rasa cinta.

Itulah mengapa jika dilihat dari sudut pandang keagamaan, beberapa rohaniwan ada yang mengungkapkan bahwa dirinya tidak butuh mencintai maupun dicintai, karena Tuhan tidak pernah mencintai, melainkan menyayangi. Lantas apa arti menyayangi?

Kasih Sayang

Setelah saya cari sana-sini, saya belum bisa menemukan istilah khusus untuk kata 'sayang' dalam Bahasa Inggris. Ketika saya artikan lewat kamus, yang muncul adalah kata love. Kasih sayang adalah perasaan memberi tanpa menuntut adanya balasan (pamrih).

Ambil contoh orang tua kita. Mereka menyekolahkan kita, memberi kita uang saku, biaya sekolah, uang makan, ketika masih kecil dibelikan mainan, dan sebagainya, itu merupakan sebuah bentuk dari kasih sayang. Mengapa demikian? Karena orang tua kita cenderung memberikan segala sesuatu tanpa mengharapkan balasan apa-apa, yang penting anak mereka jadi anak yang baik, ketika besar menjadi orang yang dapat menyejahterakan dirinya maupun sanak familinya.

Dilihat dari sisi spiritual juga sama. Tuhan tidak mencintai kita, tapi menyayangi kita. Kalau Tuhan mencintai kita, kita tidak akan bisa membalas tuntutannya. Jika Tuhan menginginkan kita untuk terbang mengelilingi dunia tujuh kali, kita tidak dapat memenuhi tuntutan itu.

Tuhan itu sayang kepada kita. Dia tidak menuntut. Apapun yang Dia berikan kepada kita adalah tanpa pamrih. Saat kita melakukan kemaksiatan, Tuhan tidak akan rugi. Ketika kita berbuat baik pun Tuhan juga tidak memperoleh keuntungan. Kita berbuat dosa, kita tetap diberikan nafas, merasakan indahnya estetika melihat, nikmatnya makan, dan sebagainya.

Jadi, cinta dan kasih sayang memiliki perbedaan yang mendasar. Bagaimana menurut anda?

(Sumber foto: weknowyourdreams.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar